Tuesday, February 16, 2016

Profil Batik Manggur

Batik Manggur adalah batik khas Kota Probolinggo dengan motif utama Mangga dan Anggur (Manggur). Motif Mangga dan Anggur merupakan identitas dari Kota Bayuangga (Bayu=Angin, Anggur, Mangga). Sejarah tentang Batik Manggur dimulai pada tahun 1883, yang ditandai dengan pameran khusus Batik Probolinggo di Amsterdam Belanda dengan total motif 150 jenis. Sebagai inisiator, Batik Manggur mempunyai keunikan, dengan ornamen dan bahan yang digunakan menciptakan batik berkualitas. Keunikan produk didasarkan pada warna alam yang diambil dari pohon-pohon setempat. Sehingga memiliki kualitas yang tidak diragukan. 

Tempat atau Lokasi Batik Manggur
Sejarah perkembangan batik di Probolinggo memang tak diketahui secara pasti. Ada yang memperkirakan sekitar tahun 1883, yang ditandai dengan pameran khusus Batik Probolinggo di Amsterdam Belanda dengan total 150 motif. Namun beberapa pembatik memulai usaha batik lagi sekitar tahun 2008. Peluang usaha di sektor industri batik semakin besar seiring meluasnya pengguna kain batik, baik di lingkungan instansi pemerintah maupun masyarakat umum. Kondisi tersebut menarik minat kalangan pelaku usaha kecil menengah di kota Probolinggo ini untuk menggeluti bidang perbatikan.

Pembuatan corak atau motif Batik Khas Kota Probolinggo harus menguasai tekhnik pembuatan batik secara manual atau batik tulis dengan nuansa alami seperti unsur Bayu, Angin, Anggur dan Mangga (Bayuangga), sehingga batik mempunyai corak khas dan berbeda dengan batik-batik yang lain. Batik Khas Kota Probolinggo yang asli dibuat secara tradisional atau jenis batik tulis yang bermotif alamiah, cara pembuatannya yaitu dengan cara menggambar batik, terus memakai malam, setelah itu diwarnai sesuai dengan motif. Untuk motif mangga biasanya berwarna hijau, motif anggur pakai warna ungu dan memakai water glass, dicuci rebus, kemudian dicuci memakai air hangat dan dikeringkan.

Proses Membatik di Batik Manggur
Sebagai salah satu ikon Kota Probolinggo, buah Mangga dan Anggur menjadi identitas bagi para pengrajin batik di kota yang terkenal sebagai Bayuangga (Bayu, Angin, Anggur dan Mangga). Batik Khas Kota Probolinggo dengan motif yang terkesan alami, diambil dari motif-motif yang bernuansa alam seperti motif Anggur, Mangga, Bayu, dan Angin, atau perpaduan dari unsur keempatnya, sehingga memberikan nuansa alami dan khas bagi para penggemar kain atau pakaian batik. Di Kota Probolinggo dikenal dengan potensi tanaman mangga dan anggur, maka buah yang segar itu diangkat menjadi produk batik. Demikian pula, letaknya yang berada di pinggir pantai utara Jawa (pantura) mengilhami para pembatik untuk menciptakan motif angin. Masing-masing motif memiliki filosofi dan makna tersendiri.

Beberapa menyebut Batik Probolinggo dengan sebutan Batik Manggur, yaitu batik tulis yang bermotif mangga dan anggur merupakan ikon kota Probolinggo dan dikombinasikan dengan motif ikon Jawa Timur yaitu bunga teratai putih dan ayam bekisar, bunga teratai putih melambangkan jiwa seorang wanita yang cantik dan ulet atau kreatif.

Koleksi Batik Manggur
Memiliki corak - corak khas seperti Mangga, Anggur, angin,manggur dll. Nikmati kecantikannya dan jadikan Anda bagian dari keindahannya.Batik-batik cantik dari Kota Mangga-Anggur, Probolinggo, Jawa Timur ini sangat layak untuk Anda koleksi. Corak-corak unik menjadikan Anda unik dan segera menjadi pusat perhatian.Batik - batik ini terbuat dari bahan terbaik dan dikerjakan dengan sangat teliti. Batik Langka dari kota Probolinggo, Jawa Timur ini sangat direkomendasikan untuk Anda miliki.Anggur dan Mangga menjadi corak yang tidak akan ditemui di daerah lain. Pastikan Anda menjadi bagian dari keunikannya.batik manggur probolinggo.

Untuk informasi lebih lanjut, anda dapat berkunjung ke Batik Manggur, Alamat : Jl. Kh. Sulthon Dusun. Subur Rt : 03/ Rw : 06 Kelurahan. Triwung Kidul Kecamatan. Kademangan Kota Probolinggo

Telp       : +6285258729309 / +62885336031269.
Email     : batikmanggurprobolinggo@gmail.com

0 comments:

Post a Comment